KURIKULUM

Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan memberikan dukungan penyediaan fasilitas, pengorganisasian kegiatan serta bantuan pendanaan dalam penyusunan kurikulum, implementasi kurikulum dan pengembangan kurikulum. Penyedian fasilitas berupa ruangan untuk kegiatan seminar dan workshop seperti conference room, jaringan internet, dan laboratorium. Pengorganisasian kegiatan seperti rapat tim pengembangan kurikulum dengan pemangku kepentingan internal (dosen, mahasiswa), dan pemangku kepentingan eksternal (penggunan lulusan, alumni, dan asosiasi).

Kegiatan workshop kurikulum dengan mendatangkan tenaga ahli dari Universitas Mulawarman.  Pendanaan merupakan program kerja fakultas yang mengacu pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Universitas . Dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan muatan dan metode pembelajaran yang dilakukan dalam implementasi kurikulum, keperluan studi banding, tracer study, temu alumni untuk umpan balik, menghadirkan stakeholder dan pembahasanpembahasan ditingkat program studi dan fakultas.

Dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum mengacu pada:

1. Surat Keputusan Rektor Nomor: SKEP/07A/UNIBA/II/2015 Tentang Pedoman Akademik Universitas Balikpapan.

2. Surat Keputusan Rektor Nomor: SKEP/49/UNIBA/X/2015 Tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum Universitas Balikpapan.

3. Surat Keputusan Dekan No: SKEP/01/FTI-UNIBA/VII/2017 Tentang Peninjauan Kurikulum Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Elektro. 

 4.SOP SPMI Universitas Balikpapan Nomor: SOP/Plks/UNIBA.10 Tentang prosedur Peninjauan Kurikulum Universitas Balikpapan

Peran Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum pada program studi adalah:
1. Fakultas berkoordinasi dengan ketua program studi untuk membentuk tim yang beranggotakan dosen untuk membahas pengembangan kurikulum berdasarkan Surat Keputusan Dekan. Tim tersebut bekerja berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknologi Industri Nomor: SKEP/01/FTI-UNIBA/VII/2017 Tentang Peninjauan Kurikulum Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Elektro. Tim ini akan membuat rancangan kurikulum dengan melibatkan pemangku kepentingan internal (dosen, mahasiswa), dan pemangku kepentingan eksternal (pengguna lulusan, alumni, dan asosiasi).

2. Fakultas memberi rambu-rambu dalam peninjauan kurikulum agar arah kurikulum sejalan dari visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan. Hasil perumusan kurikulum berupa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rencana Pelaksanaan Pembalajaran (RPP).

3. Fakultas memfasilitasi Tim Penyusun Kurikulum berupa penyediaan fasilitas berupa ruangan untuk kegiatan seminar dan workshop seperti conference room, jaringan internet, dan laboratorium untuk melakukan sosialisasi kurikulum.

4. Fakultas menyediakan dana untuk penyusunan dan pengembangan kurikulum dengan Pendanaan merupakan program kerja fakultas yang mengacu pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Universitas . Dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan muatan dan metode pembelajaran yang dilakukan dalam implementasi kurikulum, keperluan studi banding, tracer study, temu alumni untuk umpan balik, menghadirkan stakeholder dan pembahasan-pembahasan ditingkat program studi dan fakultas.

Untuk melengkapi dokumen kurikulum, maka setiap pelaksanaan kegiatan perkuliahan setiap program studi disusun dalam dokumen RPS dan RPP. Dokumen RPS dan RPP disusun berdasarkan tinjauan bersama pada rapat tim dosen.