Berdasarkan struktur organisasi diatas maka tugas pokok dan fungsi sebagai berikut.

1. Dekan Melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi:

a. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

b. Melakukan pembinaan kepada dosen, Tenaga Kependidikan dan mahasiswa.

c. Menyusun Rencana Strategis dan Rencana Operasional.

d. Menyusun program kerja tahunan yang dibantu oleh unsur-unsur Dekanat.

e. Melaporkan tridharma yang dilaksanakan di fakultas pada rapat evaluasi tahunan kepada Rektor Universitas Balikpapan.

f. Menandatangani surat-surat bidang kemahasiswaan, dosen, dalam kegiatan akademik, penelitian dosen/mahasiswa serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat maupun fungsi-fungsi administrasi lainnya.

g. Menyusun anggaran tiap-tiap kegiatan sesuai dengan mata anggaran program kerja yang disahkan oleh Rektor.

h. Melaksanakan pertangguangjawaban setiap kegiatan sesuai dengan tingkat hirarkinya.

i. Merancang kebijakan strategis yang bersifat krusial demi kelangsungan hidup fakultas.

j. Menetapkan kebijakan studi lanjut dosen.

k. Melaksanakan koordinasi dengan arahan kepada tiap-tiap unit organisasi.

l. Memimpin rapat dinas baik rutin maupun non rutin fakultas.

m. Mengendalikan arus kas fakultas.

n. Menetapkan target kerjasama pihak luar untuk mencapai sasaran yang ditetapkan dalam Rencana Strategis fakultas.

2. Wakil Dekan Melaksanakan Tugas pokok dan Fungsi:

a. Membantu dekan dalam mengelola pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan mempertanggung jawabkan kepada Dekan.

b. Menyusun program kerja sesuai dengan bidang tugasnya.

c. Membagi  tugas akademik dengan berkoordinasi kepada para kaprodi.

d. Merancang pembagian tugas perkuliahan.

e. Berkoorndinasi dengan Unit Kerja Fakultas dan Unit Penjamin Mutu

f. Mengendalikan Proses Perkulihan.

g. Mewakili dekan mengikuti rapat-rapat atas nama dekan jika dekan berhalangan.

h. Menandatangani surat-surat sesuai dengan kewenangannya dengan berkordinasi dengand Dekan.

i. Menghadiri rapat-rapat yang diselenggarakan oleh Universitas sesuai dengan hirarkinya.

j. Memimpin koordinasi kepada semua Program Studi dalam pelaksanaan, evaluasi Ujian Tengah Semester (UTS) maupun ujian Akhir Semester (UAS).

k. Memimpin koordinasi yudisium.

l. Memimpin koordinasi kepada semua program studi dalam mengumpulkan nilai pelaksanaan ujian dari masing-masing dosen.

m. Memimpin dan membina unit administrasi fakultas sesuai dengan program Fakultas Teknologi Industri.

n. Pembinaan Karir akademis dosen Fakultas Teknologi Industri.  

 3. Senat Fakultas melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya:

a. Merumuskan kebijakan akdemik fakultas.

b. Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian dosen. 

C. Merumuskan norma dan tolak ukur pelaksanaan penyelenggaraan fakultas.

d. Menilai pertanggung jawaban pimpinan fakultas atas pelaksanaan kebijakan akademik yang ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam huruf a.

e. Memberikan pertimbangan kepada pimpinan Universitas Balikpapan mengenai calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi pimpinan fakultas. 

4. Unit Penjamin Mutu melaksanakan Tugas dan Fungsinya:

a. Merencakan pola pelaksanaan penjaminan mutu fakultas.

b. Menyusun perangkat instrumen pelaksanaan penjamin mutu.

c. Melaksanakan survey berupa kuesioner kepada dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan input kinerja dosen dan unsurunsur dekanat.

d. Mengolah hasil survey menjadi dokumen yang dilaporkan ke Badan Penjamin Mutu (BPM) Universitas Balikpapan atas dasar tembusan Dekan.

e. Melaksanakan perbaikan mutu kinerja dekanat dan unsurunsurnya untuk memenuhi target penjaminan mutu sesuai dengan amanat Rencana Strategis dan Rencana Operasional.

f. Menyajikan data secara periodik dari hasil desiminasinya setiap kegiatan.

g. Membantu dekanat dalam proses akreditasi maupun reakreditasi.

5. Ketua Program Studi melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi :

a. Menyusun kurikulum program studi.

b. Melaksanakan pembagian tugas mata kuliah sesuai dengan kompetensi dosen masing-masing.

c. Menyusun jadwal perkuliahan setiap semester.

d. Membagi tugas pembimbing akademik mahasiswa kepada masing-masing dosen wali. 

e. Menandatangani Kartu Rencana Studi (KRS) dan Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa.

f. Membagi tugas pembimbing skripsi dan jadwal ujian Tugas akhir (TA) mahasiswa.

g. Merencanakan peninjuan kurikulum.

h. Merencanakan dan melaksanakan perpanjangan ijin operasional dan akreditasi Program Studi.

i. Menghadiri rapat-rapat yang diselenggarakan Fakultas Teknologi Industri maupun universitas baik rutin maupun non rutin.

j. Mewakili Wakil Dekan atau Dekan untuk menghadiri rapat, seminar, workshop pada tingkat program studi maupun fakultas

6.Sekretaris Program Studi melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi:

a. Menyusun rencana dan program kerja  kesekretariatan Program Studi.

b. Memberi tugas kepada Tenaga Kependidikan di bidang administrasi umum, kemahasiswaan dan keuangan.

c. Memberi arahan sekaligus memantau pelaksanaan tugas Tenaga Kependidikan bidang administrasi umum, kemahasiswaan dan keuangan agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

d. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Tenaga Kependidikan di bidang administrasi umum, kemahasiswaan dan keuangan untuk mengetahui permasalahan dan penanggulangannya.

e. Memeriksa konsep rencana kebutuhan pegawai di lingkungan Program Studi  untuk mengetahui kesesuaiannya.

f. Menentukan skala prioritas pengadaan sarana dan prasarana Program Studi untuk kelancaran kegiatan.

g. Menyusun laporan Program Studi di bidang administrasi umum, kemahasiswaan dan keuangan sesuai dengan hasil yang dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.

7. Gugus Penjaminan Mutu melaksanakan Tugas dan Fungsinya: 

a. Merencakan pola pelaksanaan penjaminan mutu program studi.

b. Menyusun perangkat instrumen pelaksanaan penjamin mutu.

c. Melaksanakan survey berupa kuesioner kepada dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan input kinerja dosen dan unsurunsur program studi.

d. Mengolah hasil survey menjadi dokumen yang dilaporkan ke Unit Penjamin Mutu (UPM) Fakultas Teknologi Industri atas dasar tembusan Ketua Program Studi.

e. Melaksanakan perbaikan mutu kinerja program studi dan unsurunsurnya untuk memenuhi target penjaminan mutu sesuai dengan amanat Rencana Strategis dan Rencana Operasional.

f. Menyajikan data secara periodik dari hasil desiminasinya setiap kegiatan.

g. Membantu program studi dalam proses akreditasi maupun reakreditasi.

8. Kepala Unit LaboratoriumTugas Pokok dan Fungsi

a. Penanggung jawab atas kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium.

b. Menyediakan fasilitas Laboratorium untuk kegiatan penelitian atau karya ilmiah.

c. Mengembangkan dan menyempurnakan sarana dan prasarana sistem yang menunjang kegiatan laboratorium.

d. Membina Teknisi laboran.

9. Unit Administrasi mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi:

a. Menyelenggarakan pelayanan kepada mahasiswa dan dosen tentang administrasi umum dan keuangan.

b. Menyediakan format-format yang mendukung pelayanan mahasiswa dan dosen.

c. Menyusun pembagian wewenang dan tanggung jawab dalam lingkup pekerjaannya

d.Membuat surat menyurat, surat keputusan dengan berkoordinasi kepada Dekan, Wakil Dekan ataupun Sekretaris.

e. Menghadiri rapat-rapat pada tingkat program studi dan fakultas.

f. Mengejakan administrasi kearsipan dengan cermat, aman dan cepat dalam pelayanan peminjaman dan pengambilan arsip.

g. Melayani penerima mahasiswa baru tiap tahun.

h. Menyediakan absensi dosen pengampu mata kuliah dan melakukan rekapitulasi tiap akhir bulan.

i. Membuat usulan honor dosen pengajaran tiap bulannya.

j. Membuat buku tamu dan menerima tamu sebelum diarahkan kepada pimpinan program studi dan pimpinan fakultas.

k. Menyampaikan informasi Fakultas Teknologi Industri dengan akurat melalui media komunikasi kepada mahasiswa